Laman

Selasa, 14 Desember 2010

perangkat lunak bahasa pemrograman


FORTRAN

FORTRAN adalah singkatan dari FORmula TRANslator. FORTRAN merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, dari singkatannya dapat diketahui bahwa FORTRAN berorientasi pada permasalahan rumus-rumus (formulas) atau berorientasi pada permasalahan teknis.

FORTRAN merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang tertua dan yang pertama. Dan sekitar tahun 1950 seorang ahli IBM yang bernama John Backus mulai mengembangkan FORTRAN. Dan baru pada tahun 1957 FORTRAN diterapkan pada komputer IBM 704. Pada mulanya sulit bagi IBM untuk memasarkan FORTRAN, karena bahasa tingkat tinggi prosesnya lebih lambat dibandingkan dengan program yangditulis dengan bahasa mesin atau bahasa perakit yang memang lebih terkenal pada waktu itu. Perlu dicatat bahwa keberhasilan IBM dalam memasarkan FORTRAN merupakan hal yang sangat penting bagi pengemangan bahasa pemrograman tingkat tinggi generasi selanjutnya.

FORTRAN pun terus dikembangkan agar lebih sempurna lagi mulai dari FORTRAN II, FORTRAN IV atau dikenal juga dengan FORTRAN 66, WATFIV (Waterloo FORTRAN IV) yang populer untuk pendidikan yang kemudian dikembangkan lagi menjadi WATFOR (Waterloo FORTRAN).

Microsoft merupakan pabrik perangkat lunak pertam untuk komputer mikro yang didirikan oleh Bill Gate dan Paul Allen yang sekarang menjadi salah satu orang yang paling sukses dalam bidang IT. Microsoft terkenal dengan perangkat-perangkat lunaknya untuk komputer mikro yang paling sukses, diantaranya adalah MBASIC (Microsoft BASIC), BASICA, MS-Pascal, MS-C, MS-DOS (Microsoft Disk Operating Sistem), dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar