Laman

Senin, 19 Maret 2012

Search Engine

Search engine atau mesin pencari merupakan salah satu situs yang dapat membantu kita untuk menemukan berbagai informasi yang kita butuhkan di internet. Ada banyak mesin pencari yang ada di dunia termasuk mesin pencari buatan Indonesia. Berikut ini saya akan menguraikan beberapa search engine yang ada di Indonesia maupun buatan luar negeri.

Indonesiansearchengine.com


Search engine ini merupakan buatan dari anak bangsa. Pada tampilan halaman utama situs ini terdapat beberapa kategori seperti peta mudik, mahasiswa dan beberapa nama kota di Indonesia. Dalam situs ini juga menyediakan layanan iklan bahkan kita bisa mencantumkan alamat web ataupun blog kita untuk mengejar traffic dengan cara klik “Add a Site” dan tinggalkan alamat dari blog ataupun web kita.


Situs pencari ini memiliki Dago Mail dan Translator. Untuk melakukan pencarian dalam Dagosearch kita harus memilih terlebih dahulu kategori atau tipe yang akan kita cari seperti PDF, Blog, Meta, Xtreme, Advance dan Library. Bahkan kita bisa mengganti background search engine tersebut. Tetapi terdapat kekurangan dari situs ini, yaitu ketika memasukkan keyword yang akan kita cari sering tidak ditemukan.





Bentuk tampilan dari situs pencari yang satu ini mirip dengan Google.com bahkan dalam situs ini terdapat Translate dan mail di toongmail.com. Namun seperti kebanyakan search engine buatan anak bangsa yang lainnya ketika mencari keyword yang diinginkan sering tidak muncul. Mungkin karena search engine lokal ini kalah saing dengan search engine yang sudah ada. Tetapi jika dibandingkan dengan serch engine lokal yang lainnya Pitoong.com masih lebih unggul.


Siapa yang tak kenal dengan situs ini, google merupakan situs search engine yang paling banyak digunakan. Tidak hanya sebagai pencari web, google juga mampu melakukan pencarian gambar, berita, serta direktori. Keunggulan lainnya adalah kecepatan dan kemudahan dalam mencari dan merupakan satu-satunya search engine yang memiliki chace yang dapat menghemat waktu pencarian. Keunggulan google yang lainnya adalah database-nya yang besar serta bnyaknya jenis file yang diindeksnya.

Namun ada beberapa kelemah dari google yaitu tidak tersedianya pencarian untuk file, video dan audio. Bahkan keunggulan dari google dimanfaatkan oleh para spamer untuk menampilkan iklan yang tidak diperlukan dan memaksa google untuk menampilkannya pada halaman depan. Hal ini tentu saja sangat mengganggu ketika sedang melakukan pencarian.


Sama halnya dengan Google, banyak fitur yang ditawarkan oleh Yahoo! seperti News, Video, Shopping, Apps dan lain-lain. Namun databasenya tidak sebesar yang dimiliki oleh Google.


MSN atau bing.com merupakan search engine buatan Microsoft Network menawarkan pencarian dengan keyword maupun direktori. terdapat fitur yang unik dalam mesin pencarian yang satu ini, yaitu pengguna dapat menggganti background dan dapat mengetahui informasi gambar background tersebut dengan mengarahkan cursor pada tanda " i " yang terdapat di pojok kanan bawah.


Altavista pernah menjadi serch engine terbesar, namun saat ini sham altavista telah dibeli oleh Yahoo! hal ini dapat di lihat dari icon yang ada pada alamat web atai favicon yang muncul adalah favicon milik Yahoo!. Jadi dapat disimpulkan bahwa search engine ini memiliki fitur-fitur yang sama dengan Yahoo!. Dan ketika melakukan pencarian pun akan langsung terhubung ke search.yahoo.com.


Lycos merupakan salah satu mesin pencari tertua. Namun sekarang ini Lycos lebih terkenal sebagai portal, sehingga fungsi pencariannya tidak begitu menonjol. Seperti mesin pencari yang lainnya, Lycos pun memiliki mail sendiri. Dalam search engine ini terdapat “Fun Search” yang ditujukan bagi para remaja, terutama yang menyukai gosip dan lagu terbaru dari selebritis pujaan.

Namun untuk mencari berita aktual, anda harus masuk ke bagian site map karena berita – berita tersebut tidak ditampilkan di halaman depan. Dan pencariannya pun paling lamban dikarenakan databasenya berasal dari Altheweb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar