Laman

Jumat, 20 April 2012

Model Bisnis Google adsense


Google AdSense (www.google.com/adsense) merupakan salah satu situs penyedia layanan iklan secara online. Yaitu dengan cara memasang iklan pada website kita. Prinsipnya adalah anda cukup menyediakan area untuk memasang iklan pada website anda, anda dapat memilih iklan mana yang cocok untuk website anda sesuai dengan target pengunjung yang sering mampir ke website anda.

Iklan yang ditampilkan oleh Google AdSense tidak hanya dari clien google, tetapi juga dari produk dan layanan Google itu sendiri. Ada beberapa jenis layanan yang bisa anda manfaatkan diantaranya :

·        AdSense for Content
·        AdSense for Search
·        AdSense for mobile
·        AdSense for Referal
·        AdSense for Feed
·        AdSense for Video

Untuk dapat menggunakan layanan tersebut aanda perlu mendaftar terlebih dahulu. Kemudian Google akan membayar anda tergantung pada jumlah pengunjung situs anda. Semakin popular situs anda maka google akan membayar anda dengan bayaran yang lebih tinggi. Ada dua konsep untuk mendapatkan pay yaitu berdasarkan jumlah pengakses (pengunjung yang mengklik iklan yang anda pasang) atau berdasarkan jumlah intensitas tampilan di halaman situs (Cost Per Impressions atau CPM). Untuk CPM pay iklan dihitung per 1000 tampilan. Pembayaran akan dilakukan apabila anda telah memiliki keuntungan sebesar $100.

Proses pembayaran dapat dilakukan melalui tiga macam yaitu :

·        Melalui cek yang akan dikirim ke alamat Anda, sehingga anda bisa mencairkannya di bank tertentu.
·        Melalui Electonic Funds Transfer atau paypel.
·        Pengiriman secara tunai melalui Western Union.

Cara Mengoptimalkan Google Adsense

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk optimalisasi Google Adsense, diantaranya :

Trafick Situs, semakin padat trasfick ke situs anda maka hal ini tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak pengunjung yang mngklik iklan anda, tetapi sangat sulit sekali untuk mendapatkan klik iklan dari visitor murni yang memang tertarik dengan iklan yang kita pasang. Bila Google merasa ada kecurangan, Google berhak untuk menutup account anda dan mem-ban website anda.

Penempatan iklan, penempatan iklan memberikan engaruh yang cukup besar. Terlalu banyak menaruh iklan pun dapat mengganggu mata pengunjung sehingga para pengunjungpun enggan untuk melihat website anda. Penempatan iklan yang baik adalah berada di atas judul an di akhir postingan anda. Namun iklan yang dipasangpun harus sesuai dengan judul postingan atau tema blog anda.

Dan bagi para pengguna WordPress anda bias menggunakan fitur plug smart ads/ Quick Adsense. Karena dengan sendirinya iklan akan muncul di awal dan akhir postingan.

Namun bagi para Blogger Indonesia ada hal yang cukup mengecewakan, karena para blogger yang berasal dari Indonesia sangat sulit sekalai di approve adsense. Faktor-faktor yang menyebabkannya adalah jumlah advertaiser dari Indonesia yang masih minim mengiklankan usahanya di Google adword dibandingkan dengan Negara lain, jumlah mafia iklan lebih banyak, dan kualitas blog yang masih sangat rendah karena adanya budaya copy paste.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar