Laman

Jumat, 20 April 2012

Afiliasi dengan Pihak 3

Model kerjasama yang sangat menarik adalah kerjasama dalam hal penayangan iklan. konsepnya adalah bagi Advertiser (pemasang iklan), yang paling penting adalah iklan mereka bisa dilihat dan disampaikan kepada sebanyak mungkin orang didunia. Oleh karena itu, tidak heran jika situs yang dipilih untuk memasang iklan haruslah situs/website yang ramai dikunjungi.

Masalah yang timbul bagi para Publisher (situs yang memasang iklan) adalah terbatasnya tempat untuk memasang iklan. sebuah situs tidak boleh mempunyai terlalu banyak iklan karena akan mengganggu pengunjung dan menyebabkan iklan yang dipasangpun menjadi tidak efektif. Website seperti Google mensiasati hal tersebut dengan cara yang cukup unik dan elegan, yaitu dengan model kerjasama bagi hasil (dalam hal ini Google menjadi Broker atau penghubung).

Google tidak menaruh iklan di situs mereka namun mereka akan menaruhnya di situs anda. situs anda mungkin mempunyai 100 pengunjung per hari dan itu bukan angka yang besar untuk menarik minat advertiser. namun bayangkan bila ada 10.000 situs seperti milik anda yang ditaruh iklan dari Google. Bagi advertiser iklannya akan dilihat oleh 1.000.000 orang per hari, sehingga hal ini sangat menguntungkan advertiser. Keuntungan yang didapat oleh Google adalah mereka bisa menaruh iklan tanpa mengenal batas dari advertiser. Dan bagi anda sebagai pemilik situs yang tidak mampu menarik minat advertiser secara langsung kini dapat menikmati uang iklan dengan cara yang mudah tanpa harus berhubungan langsung dengan advertiser.

Lantas bagaimana dengan perhitungan pembagian keuntungannya? Tentu saja setiap broker memiliki metode perhitungan yang berbeda-beda. Misalnya Google, akan memberikan keuntungan kepada anda sekitar 40%-50%. Jadi misalnya advertiser membayar $1 untuk setiap click, maka Google akan mendapatkan $0.5 dan anda juga akan mendapatkan $0.5.Google menjalankan model bisnis ini dan menamakannya dengan Google Adsense.

Pendapatan yang bisa didapatkan oleh publisher (anda), bisa sangat bervariasi dan tidak menutup kemungkinan mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi. berikut ini adalah contoh sukses orang-orang yang menjalankan program adsense di website mereka :
  1. Digg.com, pendapatan adsense sebesar $250,000 per bulan atau sekitar 2.3 Milyar perbulan dengan asumsi $1 sama dengan Rp. 9.200.
  2. ShoeMoney.com, pendapatan adsense sebesar $150,000 per bulan atau sekitar 1.38 Milyar perbulan dengan asumsi $1 sama dengan Rp. 9.200.
  3. Weblogs, Inc (Engadget.com), pendapatan adsense sebesar $120,000 per bulan atau sekitar 1.1 Milyar perbulan dengan asumsi $1 sama dengan Rp. 9.200.
  4. Freeweblayout.net, pendapatan adsense sebesar $100,000 per bulan atau sekitar 920 juta perbulan dengan asumsi $1 sama dengan Rp. 9.200.
Bisnis internet tidak mustahil untuk dilakukan dan siapapun bisa melakukannya dengan modal yang sangat kecil atau bahkan gratis dengan pendapatan yang bisa sangat besar. Namun membutuhkan semangat, konsistensi, dan keberuntungan.

Selain Google sebenarnya masih banyak perusahaan lain yang menjalankan program serupa seperti :
Ada pula perusahaan yang berasal dari Indonesia seperti :

1 komentar:

  1. Ailiasi dengan komisi 25% dari setiap akun yang kita rujuk, dan terus berlanjut apabila orang yang kita rujuk aktif. Web Hosting Murah

    BalasHapus